Sunday, December 6, 2020

Benefit Palang Parkir yang Harus diketahui Lengkap



Bagi Anda yang sudah tinggal di daerah perkotaan, pastinya sudah cukup familiar dengan keberadaan palang parkir. Palang parkir otomatis merupakan bentuk dari Barrier Gate ataupun Boom Gate. Itu adalah sebuah palang yang dikondisikan sebagai alat pembatas akses keluar masuknya kendaraan pada suatu area yang sudah ditentukan hak akses masuknya.  

Secara kasat mata, penggunaan palang parkir sudah pasti memberikan benefit atau manfaat tersendiri bagi para penggunanya. Hal ini bisa dilihat dari tingginya intensitas penggunaan palang parkir di area akses masuk perbelanjaan umum seperti mall-mall besar, perkantoran swasta maupun pemerintah, perhotelan, rumah sakit, bahkan sekolah, universitas, dan fasilitas umum lainnya.

Benefit atau Manfaat Penggunaan Palang Parkir Otomatis yang Wajib Diketahui

Sebuah benda ataupun fasilitas yang dianggap berkualitas dan memiliki fungsi yang menguntungkan banyak pihak, pastinya akan selalu diupayakan untuk digunakan. Kepopuleran palang parkir otomatis sudah tidak bisa disangkal ataupun diragukan, dikarenakan hampir semua akses masuk saat ini dibatasi oleh palang parkir. Berikut ini uraian benefit lengkap dari palang parkir.

1. Luas Ruang Pembukaan Palang Parkir Otomatis

Setiap kendaraan pastinya memiliki mode, ukuran, dan tinggi yang berbeda. Semakin besar dan tinggi sebuah kendaraan, maka semakin besar pula luas ruang pembukaan palang yang dibutuhkan untuk dapat memberikan akses masuk ruang yang lebih besar.

Palang parkir manual yang dibuka oleh manusia seperti petugas parkir ataupun petugas keamanan (security / satpam) hanya sanggup membuka portal dengan frekuensi pembukaan 45 – 60 derajat saja. Ini membuat ruang untuk masuk kendaraan cenderung lebih kecil.

Namun, palang parkir otomatis yang dibukakan oleh mesin, sanggup memberikan hak akses masuk dengan membuka portal dengan frekuensi sebesar 90 derajat. Fakta ini menekankan bahwa akses masuk jalan yang menggunakan palang otomatis terbuka secara menyeluruh, sekaligus menyediakan ruang masuk yang lebih luas tanpa adanya area yang tidak bisa dilewati.

Dengan kata lain, dikarenakan palang parkir otomatis membuka portal sebesar 90 derajat sehingga memberikan akses masuk yang luas dibandingkan portal parkir manual, semua jenis kendaraan bahkan bus dua tingkat ataupun truk dapat memasuki area tersebut tanpa mengkhawatirkan risiko palang menyentuh atau berbenturan dengan bagian atas mobil.

2. Palang Parkir Otomatis Lebih Memastikan Keamanan

Mesin palang parkir otomatis sudah digolongkan sebagai salah satu fasilitas ataupun sarana pengatur serta pengendali hak akses masuk yang profesional. Dengan adanya sistem parkir yang profesional, keamanan gedung, kendaraan, serta area parkir akan lebih terkontrol.

Yang dimaksudkan kategori aman di sini adalah palang parkir otomatis sanggup merekam semua kendaraan yang masuk dan keluar pada gedung tempatnya terinstal. Baik dari segi gambar yang diambil oleh kamera, maupun rekam jejak tiket yang didapatkan dari ticket dispenser.

Memasuki sebuah gedung ataupun area yang memiliki portal parkir otomatis tidaklah mudah jika dibandingkan dengan area yang tidak memilikinya. Setiap kendaraan hanya bisa keluar jika menunjukkan tanda verifikasi (kartu/tiket) yang berisikan karakteristik kendaraan (plat nomor, warna, ataupun jenis mobil) yang sesuai dengan deskripsi dari tiket dan kendaraan yang dikendarai.

Jika tiket parkir yang ditunjukkan tidak sesuai (tidak ada kecocokkan) dengan kendaraan yang dikendarai yang rencananya akan keluar dari portal, maka mesin palang parkir yang sudah terintegrasi dengan software parkir tidak akan pernah membuka portalnya.

Sama halnya dengan kendaraan yang akan masuk, sang pengendara tidak akan diberikan hak akses masuk ke area yang dilindungi portal parkir otomatis jika belum menunjukkan tanda verifikasi (tiket / kartu) sebagai tanda pemberian hak akses.

Dengan adanya palang parkir otomatis, keamanan area parkir, kendaraan, serta gedung pun bisa lebih terjaga. Bahkan jika misalnya ada kendaraan yang membawa sesuatu yang berbahaya seperti bom di dalam kendaraannya, bisa langsung dideteksi dengan portal gatenya.

3. Palang Parkir Otomatis Memberikan Keteraturan

Dengan adanya mesin palang parkir serta sistem portal parkir otomatis yang terintegrasi dengan software parkir, setiap kendaraan yang masuk ataupun keluar dari area parkir bisa diatur dengan lebih baik, tertib dan lancar. Ini dikarenakan setiap kendaraan harus melewati proses verifikasi terlebih dahulu melalui proses pengambilan tiket parkir dari ticket dispenser.

Selain itu, mesin palang parkir otomatis memungkinkan setiap kendaraan untuk masuk dan keluar secara teratur. Hal ini disebabkan oleh mesin otomatis yang hanya bisa melewatkan satu kendaraan per-section. Mesin otomatis juga membantu keteraturan ongkos parkir yang mengikuti patokan harga yang ditetapkan dalam sistem.

4. Palang Parkir Otomatis Menyediakan Sistem Pembayaran Parkir yang Jelas

Mesin palang parkir menyediakan sistem yang jelas dan terotomatisasi melalui software parkirnya. Artinya, setiap kendaraan yang diparkir akan membayar sesuai dengan durasi waktu (berapa lama) kendaraannya terparkir di area parkir tersebut. Bisa juga dengan metode penghitungan yang lain.

Ini artinya tidak akan ada sabotase biaya parkir dari oknum-oknum yang memang sengaja ingin mengambil biaya parkir berlebihan seperti layanan parkir manual. Mesin palang parkir tidak akan pernah mencharge (menarik biaya) lebih dari harga yang ditetapkan oleh software.

Selain itu, bagi pihak penyedia palang parkir otomatis ini sendiri, akan terasa lebih mudah dalam merekap keuangan pemasukan biaya parkir. Ini dikarenakan mesin palang parkir sanggup menganalisis dan melaporkan perincian biaya parkir yang masuk secara rinci, jelas, dan tanpa kurang satu apapun. Apa yang dilaporkan, adalah sesuai dengan real-time data.

5. Palang Parkir Otomatis Memberikan Professional Image

Bagi Anda yang tinggal di kawasan perumahan yang menggunakan mesin palang parkir, pastinya akan merasakan kesan prestige ataupun elite. Ini dikarenakan harga dari satu set mesin palang parkir otomatis yang bisa dibilang tergolong mahal sebab berkisar di antara jutaan hingga puluhan juta rupiah. Makanya hanya perumahan kelas menengah atas saja yang memilikinya. 

Bagi Anda yang memiliki sebuah perusahaan, adanya sistem parkir yang menggunakan sistem teknologi. Pastinya akan membuat client yang mengunjungi gedung perusahaan Anda merasakan suasana dan nuansa profesionalitas yang tinggi. Disertai dengan rasa keamanan dan kenyamanan dari fasilitas kantor yang Anda miliki.

Jika client Anda melihat bahwa fasilitas serta sarana dan prasarana dari kantor Anda sudah terkesan elite dan profesional, maka hal tersebut bisa meningkatkan kepercayaan client Anda untuk bekerja sama atau menanamkan modal di perusahaan Anda.

Hal tersebut dikarenakan fasilitas yang bersifat elite dan profesional secara otomatis memberikan kesan bahwa kondisi keuangan perusahaan Anda stabil dan memiliki pemasukan yang teratur. Professional Image inilah yang bisa diberikan mesin palang parkir otomatis sebagai alat marketing untuk mempromosikan perusahaan Anda dan bisa dimanfaatkan untuk menarik perhatian client Anda.

Anda bisa mendapatkan luas ruang yang lebih besar sebagai akses masuk, keamanan, keteraturan, sistem pembayaran parkir yang jelas, teratur, dan mudah dikalkulasi, serta memberikan professional image. Oleh sebab itu, palang parkir otomatis jauh lebih bermanfaat jika dibandingkan dengan yang manual.

No comments:

Post a Comment

Membuat Palang Parkir Otomatis Anti Ribet Berbasis Arduino

  Kira-kira, selain membeli palang parkir di produsen atau distributor tertentu, apakah orang-orang juga dapat membuat palang parkir otomati...