Friday, December 11, 2020

Membuat Palang Parkir Otomatis Anti Ribet Berbasis Arduino

 

Kira-kira, selain membeli palang parkir di produsen atau distributor tertentu, apakah orang-orang juga dapat membuat palang parkir otomatis secara sederhana? Tentu saja, jawabannya adalah iya. Hal ini selaras dengan perkembangan teknologi, di mana kemajuan ini berbasis pada komputer. Dengan demikian, ilmu elektronika benar-benar krusial, termasuk dalam palang parkir otomatis.

Di sisi lain, komputer juga dapat mengendalikan rangkaian alat-alat elektronik memakai sebuah chip IC. Chip ini dapat diisi berbagai program atau logika yang populer sebagai teknologi mikroprosesor. Ternyata, mikroprosesor tergolong sebagai cabang ilmu elektronika untuk alat-alat serba efisien dan otomatis, bahkan berbasis Arduino untuk palang parkir otomatis.

Membuat Palang Parkir Otomatis dengan Sederhana

Kali ini, kamu dapat membuat sebuah palang parkir otomatis, tepatnya dengan basis Arduino dan memakai motor servo dan ultrasonic transceiver. Secara sederhana, keduanya merupakan komponen-komponen berbentuk palang parkir yang dapat menutup atau membuka secara otomatis, sebab memakai program mikrokontroler. Dalam hal ini, kamu bisa memakai bahasa pemrograman C.

1.      Pertama, Menyiapkan Alat dan Bahan

Seperti pembuatan alat-alat elektronik pada umumnya, kamu harus menyiapkan alat dan bahan sesuai kebutuhan. Sebagai saran, cobalah temukan motor servo 9 gram SG90, modul ultrasonic T Receiver HC-S04, LED dengan dua warna, kabel jumper male to female, kabel jumper male to male, kabel penghubung, protoboard, dan resistor 330 Ohm.

2.      Kedua, Merangkai Komponen Sesuai Arahan

Membuat palang parkir otomatis dimulai dengan keterampilan elektronik yang kamu miliki. Mulai dari VCC servo dan sensor ultrasonik yang terhubung Arduino dengan pin 5V, GND dengan pin GND, katoda LED dengan GND ultrasonik dan servo, kabel kuning di servo dengan pin 9, dan LED hijau dengan pin 10.

Tidak hanya itu, kamu juga harus merangkai komponen LED merah dengan pin 11, pin trigger pada sensor ultrasonik dengan pin 12, dan pin echo dengan pin 13. Nah, sebelum melangkah ke tahap berikutnya, pastikan semua komponen terangkai secara sempurna. Pasalnya, bukankah kamu ingin palang parkir otomatis berfungsi dengan baik?

3.      Ketiga, Membuat Program memakai Software Arduino IDE

Ingat, palang parkir otomatis membutuhkan program tertentu agar palang dapat membuka atau menutup sesuai ekspektasi. Ternyata, program ini diproduksi memakai software Arduino IDE dengan cara-cara sesuai prosedur. Dengan demikian, kamu sebaiknya memahami bahasa pemrograman untuk dapat melakukannya. Jika merasa sukar, jangan lupa untuk meminta bantuan orang lain, ya.

Membuat palang parkir otomatis harus dilakukan dengan membuka aplikasi Arduino IDE. Kemudian, menekan menu Tools, Board, dan Arduino atau Genuino Uno. Selanjutnya, tekan Tools, Port, dan pilih Port Arduino di PC atau laptop. Sedangkan, langkah terakhir adalah memasukkan script palang parkir otomatis dengan servo dan ultrasonic transceiver.

4.      Keempat, Trial dan Error

Langkah terakhir adalah dengan mengunggah program tersebut di perangkat Arduino. Lantas, kamu dapat mencoba apakah palang parkir otomatis berjalan sempurna atau malah menunjukkan keabnormalan tertentu. Jika demikian, jangan menyerah, ya. Kamu harus melakukan trial dan error atau mencoba langkah berkali-kali sampai mendapat palang sesuai ekspektasi.

Demikian cara membuat sebuah palang parkir otomatis secara sederhana. Akan tetapi, hal ini tergantung pada sumber daya manusia. Artinya, jika kamu tidak memiliki keterampilan elektronik, jangan sungkan meminta bantuan orang lain. Pasalnya, membuat palang parkir otomatis membutuhkan usaha yang tidak sekali, melainkan juga berkali-kali.

No comments:

Post a Comment

Membuat Palang Parkir Otomatis Anti Ribet Berbasis Arduino

  Kira-kira, selain membeli palang parkir di produsen atau distributor tertentu, apakah orang-orang juga dapat membuat palang parkir otomati...