Friday, December 11, 2020

4 Keuntungan Palang Parkir Otomatis yang Kian Populer

 



Tidak hanya palang parkir manual yang dioperasikan memakai tenaga manusia, tetapi juga terdapat palang parkir otomatis. Sampai sekarang, terdapat berbagai keuntungan palang parkir otomatis sehingga kerap dipakai di era digital. Bisa jadi, kamu pun kerap datang ke tempat parkir atau lingkungan-lingkungan tertentu dengan bantuan alat ini untuk meningkatkan keamanan.

Secara umum, palang parkir otomatis didefinisikan sebagai alat bantu keamanan untuk membatasi akses dalam area parkir, lingkungan tertentu, atau untuk mengatur traffic flow memakai sebuah sistem digital atau software. Pada umumnya, palang parkir otomatis juga dikenal sebagai palang sistem manless. Akan tetapi, dalam proses pemasangan tetap membutuhkan teknisi profesional.

Intip Keuntungan Palang Parkir Otomatis

Tahukah kamu palang parkir otomatis tersedia dalam berbagai ukuran? Oleh karena itu, palang ini kian populer di masyarakat. Selain itu, palang parkir otomatis juga menawarkan berbagai keuntungan, seperti mengurangi beban kerja, meminimalkan SDM di pintu masuk untuk mengurangi biaya, sederhana dan user friendly, serta memiliki transparansi data yang akurat.

1.      Mampu Mengurangi Beban Kerja untuk Memanusiakan Manusia

Parkir merupakan sistem retribusi sehingga kerap berbayar di berbagai area umum, seperti pasar, stasiun, mall, dan lain-lain. Meski palang parkir otomatis bersifat manless atau tidak melibatkan petugas parkir, tetapi pengendara sebaiknya tetap membayar. Biasanya, palang ini berada di pintu masuk dengan tombol atau tempat untuk mengeluarkan karcis parkir.

Keuntungan palang parkir otomatis yang pertama adalah mengurangi beban kerja petugas atau juru parkir. Pasalnya, teknologi diciptakan untuk memanusiakan manusia dan memudahkan berbagai pekerjaan. Kamu hanya perlu menekan tombol tersebut, kemudian menyimpan karcis baik-baik. Lantas, saat keluar, kamu harus menyerahkan karcis tersebut pada petugas untuk didata guna membayar retribusi.

2.      Meminimalkan SDM di Pintu Masuk Sehingga Menghemat Biaya

Selain itu, jika memiliki sebuah gedung dengan area parkir, kamu juga dapat mengurangi jumlah petugas atau tidak perlu repot-repot mempekerjakan mereka sama sekali. Pasalnya, palang parkir otomatis dapat melakukan tugas parkir atau menjaga keamanan memakai software. Pada dasarnya, kamu hanya perlu melakukan pengawasan. Tada, kamu pun dapat menghemat biaya.

3.      Sederhana dan User Friendly

Ternyata, palang parkir otomatis tidak serumit yang kamu pikirkan. Orang-orang hanya perlu menekan tombol untuk membuka palang, menyimpan karcis parkir, memberikan pada petugas untuk transaksi, dan kamu dapat meninggalkan area parkir. Pada intinya, hal ini sangat sederhana dan user friendly. Oleh karena itu, jangan gugup jika menjumpai palang ini.

Keuntungan palang parkir otomatis pun kian optimal jika kamu memiliki card RFID. Artinya, hanya dengan menempelkan kartu tersebut, kamu dapat memasuki area tertentu. Dengan demikian, palang parkir otomatis memiliki sistem keamanan yang tinggi sehingga mengurangi risiko kejahatan. Di sisi lain, palang ini mampu meningkatkan prestise sebuah wilayah. Keren, kan?

4.      Memiliki Transparansi Data yang Akurat

Kemudian, tidak mudah mengurus data-data kendaraan yang memasuki area parkir atau wilayah-wilayah tertentu. Akan tetapi, dengan bantuan palang parkir otomatis, kamu dapat memperoleh data pengunjung dengan history yang baik. Tentu saja, data-data ini akan sukar diperoleh jika memakai palang parkir manual.

Demikian ulasan mengenai keuntungan memakai palang parkir otomatis. Tidak hanya memberi keuntungan pada pemilik palang, tetapi juga menawarkan kemudahan pada petugas dan pengunjung. Lantas, jika terdapat berbagai keuntungan palang parkir otomatis, kenapa harus memakai palang manual yang mulai tertinggal di era modern?

No comments:

Post a Comment

Membuat Palang Parkir Otomatis Anti Ribet Berbasis Arduino

  Kira-kira, selain membeli palang parkir di produsen atau distributor tertentu, apakah orang-orang juga dapat membuat palang parkir otomati...