Friday, December 11, 2020

Mengenal Palang Parkir Sensor Sidik Jari, Kamu Harus Tahu

 



Tahukah kamu bahwa palang parkir sensor sidik jari dibuat dengan alasan khusus? Pasalnya, selain terkait masalah lahan untuk parkir, kini masalah lain juga mulai bermunculan, seperti sistem keamanan untuk melindungi kendaraan atau lingkungan-lingkungan tertentu. Oleh karena itu, palang parkir otomatis dengan sensor sidik jari menjadi alternatif untuk meminimalkan risiko.

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab palang dapat dilalui orang-orang tertentu yang di-record oleh software pengatur. Dengan kata lain, sidik jari berperan sebagai sandi pengaman, sedangkan software yang dipakai dapat me-record memori tersebut. Teknologi tersebut tidak serta merta muncul secara ajaib, tetapi melalui penelitian panjang sampai saat ini.

Palang Parkir Sensor Sidik Jari Kian Populer

Ternyata, setiap orang memiliki sidik jari yang berbeda, bahkan untuk orang-orang kembar identik sekalipun. Akan tetapi, teknologi sidik jari di palang parkir tetap menawarkan kemudahan. Dengan demikian, sensor sidik jari atau lebih populer sebagai sensor fingerprint kian populer di masyarakat. Kemudian, bagian terpenting adalah mengenai sensitivitas sensor.

1.      Palang Parkir dengan Sensor Sidik Jari Dikembangkan Melalui Penelitian Terdahulu

Berdasarkan catatan, terdapat banyak penelitian untuk menciptakan palang parkir yang sempurna. Penelitian bermula dari sistem sensor sidik jari memakai Arduino Uno dalam keamanan sepeda motor. Kemudian, terdapat penelitian perihal sistem pagar otomatis memakai pemindai sidik jari di Jurnal Rancangan Bangun Pagar Otomatis dengan Fingerprint Berbasis Mikrokontroler.

Palang parkir sensor sidik jari juga didasarkan pada jurnal lainnya, yakni Perancangan Pengaman Pintu Rumah Berbasis Sidik Jari Menggunakan Metode UML. Jurnal ini menerangkan input sidik jari, identifikasi, hingga verifikasi di database. Nah, melalui berbagai penelitian terdahulu, orang-orang mulai tertarik mengembangkan palang parkir dengan teknologi yang sama.

2.      Memakai Flowchart Khusus untuk Optimalkan Keamanan

Dalam praktiknya, palang parkir dengan sensor sidik jari memiliki flowchart khusus. Jika pada palang biasa kamu hanya menekan tombol, maka bisa jadi kamu juga melakukan hal yang sama. Akan tetapi, tetap terdapat perbedaan, khususnya di alur flowchart yang melibatkan sensor fingerprint. Kemudian, palang terbuka dan counter slot parkir bertambah.

3.      Perancangan Melibatkan Hardware dan Software

Ingat, palang parkir dengan sensor sidik jari tergolong sebagai palang parkir otomatis. Artinya, dalam perancangan dibutuhkan pengujian terhadap hardware dan software. Misalnya, pada 2019 kemarin, Hendrawan dan Agustina merilis jurnal berjudul Sistem Palang Parkir Menggunakan Sensor Sidik Jari. Di jurnal ini diterangkan mengenai rancangan software yang paling efektif.

Palang parkir sensor sidik jari pun terus berkembang. Pasalnya, peneliti menguji palang parkir memakai sistem sensor PIR, sensor driver motor, dan sensor sidik jari FPM10A. Hasilnya, palang dengan sensor sidik jari FPM10A mampu terbuka secara efektif. Hal ini membuktikan sensor mampu menyimpan dan membedakan sidik jari dengan baik.

4.      Terdapat Berbagai Merek

Pada akhirnya, sensor sidik jari dinilai sebagai teknologi menjanjikan. Oleh karena itu, terdapat banyak perusahaan yang merilis palang parkir memakai teknologi tersebut. Misalnya RFID Gate System, Swing Barrier Gate, Barrier Gate MX-80 LED, dan lain-lain. Orang-orang hanya perlu membeli sesuai kebutuhan dan budget yang tersedia.

Intinya, palang parkir dengan sensor sidik jari tergolong palang otomatis dengan prestise dan tingkat keamanan optimal. Palang ini terus berkembang untuk memberi kepuasan, khususnya untuk orang-orang yang menginginkan privasi. Nah, setelah tahu perihal palang parkir sensor sidik jari, kira-kira bagaimana komentarmu?

No comments:

Post a Comment

Membuat Palang Parkir Otomatis Anti Ribet Berbasis Arduino

  Kira-kira, selain membeli palang parkir di produsen atau distributor tertentu, apakah orang-orang juga dapat membuat palang parkir otomati...