Friday, December 11, 2020

CCTV untuk Palang Parkir, Optimalkan Tingkat Keamanan Lokasi

 



Rasanya, mayoritas tempat umum memiliki Closed-Circuit Television atau lebih populer sebagai CCTV, termasuk CCTV untuk palangparkir. Mungkin, kamu bertanya-tanya, apakah palang parkir otomatis tetap membutuhkan CCTV sebagai alat pelengkap keamanan? Tentu saja, jawabannya adalah iya. Apalagi, jika palang parkir dipasang di lokasi yang padat dan butuh pengawasan.

Sadar atau tidak, tempat-tempat umum memang memerlukan pengelolaan parkir secara efektif dan efisien, khususnya perihal pendataan kendaraan memakai palang pintu otomatis atau CCTV. Selain itu, CCTV yang terpasang juga berperan untuk meringankan beban kerja operator, di mana proses pendataan dapat berjalan singkat dengan me-record plat nomor pengendara.

Pentingnya CCTV untuk Palang Parkir

Secara umum, CCTV berfungsi otomatis saat kendaraan berada di depan palang. Hal ini terdeteksi oleh sensor ultrasonik untuk mengukur apakah kendaraan berada di area yang tepat guna memicu CCTV me-record plat kendaraan di pintu masuk. Kemudian, software akan memproses gambar tersebut untuk disimpan di database sehingga mampu menampilkan history.

1.      Me-record Plat Nomor dan Gambar Pengendara

Sebenarnya, CCTV yang dipasang di palang parkir memiliki peran krusial untuk me-record plat nomor dan gambar-gambar pengendara. Selain untuk memudahkan pendataan, hal ini juga dapat dipakai sebagai history yang memiliki nilai penting, khususnya jika terjadi tindak kejahatan yang mungkin melibatkan orang-orang di palang parkir tertentu. Artinya dapat meminimalkan risiko.

CCTV untuk palang parkir memang benar-benar fungsional. Menurut Center for Problem-Oriented Policing di Arizona State University, CCTV mampu mencegah kejahatan. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab CCTV membuat calon pelaku berpikir ulang sehingga mengurungkan niatnya. Dengan kata lain, pemasangan CCTV mampu menaikkan risiko penangkapan pelaku di palang parkir.

2.      CCTV Infrared tetap Berfungsi dalam Kegelapan

Kamera infrared merupakan radiasi elektromagnetik. Kemudian, tahukah kamu mayoritas palang parkir memiliki CCTV infrared yang tetap berfungsi dalam kegelapan? Artinya, CCTV mampu merecord apa pun, baik dalam keadaan terang, remang, atau bahkan benar-benar di kondisi yang minim cahaya. Jadi, apa pun yang kamu lakukan dapat terekam dengan baik.

3.      Membutuhkan CCTV Tambahan di Sudut Parkir Lainnya

Tidak dipungkiri, tempat parkir memiliki area yang luas. Oleh karena itu, penjaga atau juru parkir sukar mengamati kendaraan secara manual. Dengan demikian, security tambahan benar-benar dibutuhkan, yakni untuk mengawasi keadaan jarak jauh. Pasalnya, kamu tidak ingin terjadi tindak kejahatan di area parkir milikmu atau terjadi pada kendaraan pribadimu, kan?

CCTV untuk palang parkir  dinilai krusial. Jadi, tidak heran Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi berharap pemilik lahan parkir memperbanyak CCTV sebagaimana dilansir  Republika pada Februari 2020. Tidak hanya itu, Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi juga berniat melakukan kerja sama dengan pengelola parkir untuk menurunkan tingkat kejahatan. Benar-benar ide yang brilian.

4.      Memilih CCTV dan Palang Parkir Sesuai Kebutuhan

Pada akhirnya, peran CCTV di palang parkir membuat orang-orang membutuhkannya untuk saat ini. Di pasaran, terdapat berbagai merek CCTV dan palang parkir. Selain itu, palang parkir otomatis juga menawarkan CCTV bawaan dengan kualitas yang berbeda. Oleh karena itu, cobalah berkonsultasi pada profesional sebelum membeli.

Intinya, CCTV tidak dapat menghentikan kriminalitas, tetapi mampu merecord, mencegah, sampai menghalangi tindakan tersebut. Akan tetapi, hal ini tetap memiliki tanda kutip, yakni jika calon pelaku menyadari keberadaan CCTV dan dapat berpikir rasional. Untungnya, CCTV untuk palang parkir, khususnya secara otomatis kerap dijual dalam satu paket pembelian.

No comments:

Post a Comment

Membuat Palang Parkir Otomatis Anti Ribet Berbasis Arduino

  Kira-kira, selain membeli palang parkir di produsen atau distributor tertentu, apakah orang-orang juga dapat membuat palang parkir otomati...