Friday, December 11, 2020

Komponen Parkir Pola Otomatis, Dari Vehicle Loop Detector Sampai Kreuz Garde

 


Sadar atau tidak, palang parkir otomatis membentuk komponen-komponen parkir pola otomatis. Dengan demikian, pola otomatis melibatkan palang parkir atau barrier gate berbasis software dan dispenser tiket otomatis, baik di pintu masuk atau keluar. Sedangkan dispenser tiket otomatis memakai jaringan server di pusat atau admin, pos keluar, dan pos masuk.

Lantas, seperti yang dipahami orang-orang, sistem software di pos keluar akan dioperasikan oleh petugas, yakni dengan cara menerima karcis dari pengendara secara langsung. Kemudian, memasukkan karcis tersebut di sistem software untuk menghitung jumlah jam dan biaya parkir sesuai aturan. Pada umumnya, palang parkir otomatis yang digunakan memiliki MikroController Trigger.

Mengenal Komponen Parkir Pola Otomatis

Ternyata, parkir pola otomatis juga memiliki komponen-komponen yang menarik. Mungkin, orang-orang yang awam di bidang mesin cenderung bingung mengenai hal ini. Akan tetapi, tahukah kamu mempelajari hal-hal baru merupakan aktivitas yang menyenangkan, termasuk perihal komponen-komponen di pola otomatis. Oleh karena itu, kamu harus membaca artikel ini sampai tuntas, ya.

1.      Vehicle Loop Detector

Pada dasarnya, vehicle loop detector merupakan sensor yang memakai daya magnet, yakni dengan membaca materi logam di kendaraan pada sistem palang parkir otomatis. Biasanya, komponen ini dipakai untuk meningkatkan keamanan atau safety. Nah, jika kamu penasaran perihal prioritas penutupan palang parkir otomatis, maka jawabannya adalah vehicle loop detector.

Komponen parkir pola otomatis memang menarik. Contohnya, Jusuf menaiki mobil melalui palang. Vehicle loop detector akan mendeteksi logam sebagai material mobil sehingga palang membuka, khususnya melalui sensor detector. Lantas, ketika berada di atas sensor loop, maka palang tidak menutup. Tada, pada akhirnya, mobil Jusuf tidak tertimpa palang parkir otomatis.

2.      Dispenser

Seperti paparan sebelumnya, dispenser parkir pola otomatis berperan mengeluarkan karcis untuk pengendara. Dengan menekan tombol yang tersedia, karcis secara otomatis akan keluar tanpa melibatkan petugas. Tentu saja, hal ini dapat memudahkan pengendara, baik pengendara mobil atau motor, sebab tidak membutuhkan jasa operator. Hayo, pasti kamu pernah memiliki pengalaman, kan?

3.      MikroController Trigger

Sampai sekarang, MikroController Trigger berperan sebagai interface penghubung ke palang parkir otomatis dari komputer. Dengan kata lain, komponen ini merupakan converter untuk perintah buka. Jadi, jika palang tidak terbuka, mungkin terdapat kerusakan pada komponen ini. Oleh karena itu, kamu perlu memperlakukan palang parkir otomatis sesuai standar operasional.

Komponen parkir pola otomatis juga dihubungkan dengan sistem software parkir lainnya, sebab komponen MikroController Trigger memiliki kemampuan untuk terhubung dengan palang parkir dan komputer. Hal ini dapat terjadi melalui koneksi tertentu, yakni USB, LPT port, dan RS 232. Pada akhirnya, prioritas buka dikendalikan MikroController Trigger untuk menghindari kecurangan.

4.      Kreuz Garde

Secara sederhana, Kreuz Garde merupakan palang parkir dengan perpaduan modul controller dan sistem motorik. Komponen ini dapat terkoneksi dengan mikro controller komputer, remote control, tombol manual, dan akses kontrol lainnya. Selain itu, Kreuz Garde juga dapat terkoneksi dengan safety barrier yang kian populer, yakni loop detector dan PhotoCell sensor.

Demikian ulasan mengenai komponen penyusun palang parkir otomatis. Melalui komponen-komponen ini, banyak tempat-tempat di Indonesia memilih meninggalkan pola lama dan berganti dengan parkir pola otomatis. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kamu mulai mempelajari komponen parkir pola otomatis sebagai pengetahuan yang menarik. Pasalnya, dunia terus berkembang mengikuti teknologi.

No comments:

Post a Comment

Membuat Palang Parkir Otomatis Anti Ribet Berbasis Arduino

  Kira-kira, selain membeli palang parkir di produsen atau distributor tertentu, apakah orang-orang juga dapat membuat palang parkir otomati...