Friday, December 11, 2020

Mengintip Sejarah Parkir, Latar belakang, dan Urgensi Barrier Gate

 



Hayo, siapa yang belum bersinggungan dengan barrier gate atau palang parkir? Rasanya, hampir semua orang pernah menjumpai alat ini. Jika ada barrier gate, pasti terdapat sejarah parkir yang fenomenal. Secara umum, barrier gate dapat didefinisikan sebagai alat bantu keamanan untuk membatasi akses kendaraan dalam area parkir atau lingkungan tertentu.

Dengan demikian, dapat dikatakan barrier gate merupakan bagian dari area parkir. Lantas, bagaimana sejarah dan latar belakang parkir sehingga orang-orang membutuhkan alat ini? Tentu saja, jawabannya melibatkan perkembangan teknologi transportasi dan keinginan untuk menciptakan ketertiban lalu lintas. Selain mendorong urgensi, hal ini juga menyebabkan perkembangan garasi parkir secara otomatis.

Sejarah Parkir yang Harus Kamu Tahu

Sepuluh dekade sebelumnya, terdapat sekitar 735 juta mobil di dunia, tidak termasuk sepeda motor, bajaj, atau bus. Tentunya, ini merupakan jumlah yang fenomenal dan terus menerus bertambah sampai saat ini. Akan tetapi, National Building Museum di Amerika mengingatkan, mayoritas alat transportasi tersebut menghabiskan waktu dengan beristirahat di area parkir.

1.      Adanya Perkembangan Teknologi Transportasi Tanpa Diimbangi Aturan Lalu Lintas

Pada awalnya, kendaraan bermotor berkembang di Eropa, kemudian menyebar ke Amerika pada abad 19. Berdasarkan catatan, hanya terdapat 8.000 kendaraan bermotor milik perorangan. Lantas, jumlah ini terus bertambah saat berbagai produsen memperkenalkan model-model alat transportasi yang berbeda. Akhirnya, sekitar 23 juta kendaraan terdaftar pada tahun 1939 di Amerika.

Sejarah parkir pun mulai terlihat, di mana sampai tahun 1900, peraturan lalu lintas seolah-olah hampir tidak ada di Amerika, kecuali peraturan yang dibuat berdasarkan undang-undang pemerintah kota. Masalah lain juga mulai bermunculan, seperti perihal mobil yang dibiarkan parkir di tempat umum, yang mana kerap menimbulkan kemacetan dalam berlalu lintas.

2.      Munculnya Bapak Aturan Parkir untuk Ketertiban Lalu Lintas

Kemudian, kekacauan yang merebak di jalan-jalan, mendorong bapak aturan parkir dunia, yakni William Phelps Eno memelopori aturan lalu lintas. Dia dikenal setelah berupaya mengembangkan  rencana-rencana untuk New York, London, dan Paris hingga menemukan fitur-fitur lalu lintas yang multifungsi. Lantas, tahun 1903, kota-kota tersebut mulai serius mengatur ketertiban lalu lintas.

3.      Perkembangan area Parkir dari Manual ke Otomatis

Orang-orang pun mulai sadar mengenai area untuk meletakkan kendaraan dalam jangka tertentu, khususnya jika berada di tempat umum. Selain area parkir dengan garis-garis untuk menghemat tempat, juga muncul istilah garasi parkir, yakni sebuah bangunan untuk melindungi kendaraan dari cuaca yang ekstrem.  Bahkan, garasi-garasi ini memiliki nilai bisnis yang mencengangkan.

Sejarah parkir terus berlanjut, mulai dari garasi manual menjadi otomatis, atau dari garasi bawah tanah menjadi garasi bertingkat. Awalnya, garasi dikelola juru parkir profesional dan berkembang dari elevator di tahun 1920-an.  Akan tetapi, saat ini, kamu bisa menemukan garasi parkir otomatis, di mana memindahkan mobil di menara memakai teknologi.

4.      Urgensi Barrier Gate Sampai Saat Ini

Area parkir atau garasi mungkin berkembang dari manual ke otomatis dengan melibatkan teknologi. Akan tetapi, keduanya tetap sebagai area khusus yang membutuhkan batasan memakai alat bantu bernama barrier gate, lho. Dengan alat ini, sebuah area atau garasi parkir dapat mencatat, mengatur, atau membatasi kendaraan-kendaraan yang masuk dan keluar.

Demikian ulasan mengenai sejarah, latar belakang, dan urgensi barrier gate yang kerap diabaikan banyak orang. Padahal, hal ini  mencerminkan pentingnya area parkir dan barrier gate itu sendiri untuk menjaga ketertiban. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mulai berbagai informasi perihal sejarah parkir ke orang-orang, ya.

No comments:

Post a Comment

Membuat Palang Parkir Otomatis Anti Ribet Berbasis Arduino

  Kira-kira, selain membeli palang parkir di produsen atau distributor tertentu, apakah orang-orang juga dapat membuat palang parkir otomati...